SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu / — Selamat Datang Di Website Resmi PC LDII Cilincing, Jakarta Utara —
WAKTU :

Manfaat Obat Herbal Peningkat Daya Tahan Tubuh di Saat Pandemi Covid-19

Terbit 22 July 2020 | Oleh : mohammad Sulthon | Kategori : KEMANDIRIAN / NASEHAT
Manfaat Obat Herbal Peningkat Daya Tahan Tubuh di Saat Pandemi Covid-19

Lines (21/07) – Dalam keadaan pandemi corona ini, membuat banyak orang khawatir hingga berupaya agar tidak mudah terinfeksi virus corona baru. Salah satu yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia, yakni mengonsumsi tanaman ataupun obat herbal yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Menurut pakar medis dan praktisi pengolahan herbal dan wisata kesehatan yang bekerja di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemda Kab. Tegal, dr Indah Hastuti, budidaya dan pengolahan tanaman herbal lokal ini bisa meningkatkan kualitas hidup melalui pola hidup yang baik.

Ia menambahkan bahwa pengolahan tanaman herbal dapat memelihara keseimbangan antara memproteksi diri dan mengobati dari berbagai penyakit ringan maupun degeneratif dengan konsumsi  herbal, pola makan dan olahraga.

Indah juga menuturkan bahwa ada berbagai macam jenis tanaman dan cara pengolahan yang higienis akan menghasilkan minuman yang bermanfaat menjaga kesehatan, menyembuhkan, dan memiliki nilai ekonomis yang baik dalam bentuk industri rumahan maupun skala besar.

“Bahkan bisa membangun usaha kecil bagi ibu-ibu rumah tangga,” kata dia saat menjadi narasumber pada workshop bertajuk ‘Hidup Sehat dengan Herbal Lokal’ di Kantor DPP LDII, Jakarta, Sabtu, (22/04).

Memang sebagian orang mempercayai bahwa obat herbal dianggap sebagai senjata melawan berbagai infeksi dan penyakit. Ada sejumlah herbal yang berguna untuk mencegah virus dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dikutip laman Boldsky, berikut ini ramuan herbal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya:

1. Kunyit dan Susu

Susu dengan kunyit adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan dan meningkatkan sistem pertahanan alami tubuh.

2. Daun Mint dan Rosemary

Kombinasi mint dan rosemary dapat membantu melawan penyakit radang dan alergi musiman lainnya.

3. Ashwagandha dan Jamur

Beta-glukan pada kedua herbal ini menyebabkan stimulus sel-sel fagosit yang melindungi tubuh dengan melawan dan menelan partikel lain yang berbahaya seperti bakteri atau virus.

4. Kapulaga, Lada, dan Lemon

Larutan ekstrak lada hitam dengan kapulaga memiliki sifat anti inflamasi dan anti tumor. Ini membantu meningkatkan sistem pertahanan alami tubuh dan mengatur respons peradangan terhadap banyak infeksi.

5. Basil Suci dan Lada Hitam

Ramuan yang terbuat dari basil suci dan lada hitam serta tambahan kayu manis, jahe dan raisin, menjadikannya sebagai rebusan penambah imun terbaik.

Selain itu, Aselina Trihastuti selaku Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) DPP LDII berharap masyarakat Indonesia supaya bisa memahami informasi dan sudut pandang para pemangku kepentingan industri herbal. “Masyarakat perlu tercerdaskan akan informasi-informasi mengenai pengobatan herbal,” ujarnya.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan lintas departemen hukum, iptek, pengabdian masyarakat, PPKK berbagi pengetahuan tentang pengelolaan limbah, bercocok tanam hidroponik, parenting, ber-internet sehat dan lain-lain.

“Dasar kualitas manusia itu adalah bila dirinya sehat rohani dan jasmani. Dari sehat itu, akan mampu berpikir rasional, berkarya dan membangun keluarga yang harmonis terlepas dari beban biaya kesehatan yang semakin tinggi,” pungkasnya.(Wicak/Lines)

SebelumnyaKetum LDII KH Abdullah Syam Meninggal Dunia SesudahnyaTanpa Pancasila, NKRI Ambruk

Berita Lainnya

0 Komentar

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.