• -- Selamat Datang Di Website Resmi PC LDII Cilincing Jakarta Utara -- Selamat Menjalankan Ibadah Puasa -- Sukseskan 5 Sukses Puasa -- Puasa -- Solat Tarawih -- tadarus Alquran -- Itikaf Dan Lailatul Qodar -- Zakat Fitrah --
Senin, 15 April 2024

Sukses di Bulan Romadhon Dengan Bertadarus

Sukses di Bulan Romadhon Dengan Bertadarus
Bagikan

Assalamualaikum kawan, Alhamdulillah kali ini kita masih bisa berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan Romadhon. Pada bulan Romadhon ini setiap amalan perbuatan akan dilipatgandakan, baik amalan yang baik maupun amalan yang buruk. Semuanya akan dilipatgandakan Illa MashaAllah (tidak terhitung jumlahnya). Untuk itu alangkah lebih baik untuk kita meningkatkan amalan baik di bulan Romadhon ini.

Diantara amalan baik yang dianjurkan pada bulan Romadhon ini adalah Tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an adalah aktivitas interaksi terhadap Al-Qur’an, baik membacanya, memahaminya, medengarkannya, mengkhatamkannya, menghafalnya, dan mempelajarinya. Selama ini yang kita tau bahwa tadarus Al-Qur’an adalah hanya membaca dan mengkhatamkannya. Padahal tidak seperti itu, semua aktivitas yang berkaitan dengan Al-Qur’an ini bertujuan untuk mengamalkan Al-Qur’an dan mendaptkan pahala. Maka dari itu jjika kita ingin mengamalkan Al-Qur’an kita harus memahami dan mempelajarinya.

Saat menjalankan ibadah puasa, kondisi hati kita sangat baik. Kondisi seperti ini akan maksimal jika kita manfaatkan untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya. Selama bulan Romadhon, umat Islam sangat dianjurkan untuk dapat khatam membaca Al-Qur’an minimal satu kali, semakin banyak kita mengkhatamkan Al-Quran semakin baik lagi. Apalagi setiap satu huruf dari Al-Qur’an jika dibaca dihari biasa akan dilipatgandakan menjadi 10x lipat. Sedangkan kita membaca Al-Quran di bulan Romadhon yang setiap amalan akan dilipatgandakan 100x lipat, 700x lipat, sampai Illa MashaAllah. Bisa dibayangkan jika kita dapat membaca satu juz saja untuk satu hari saja berapa banyak pahala yang kita dapatkan.

Tadarus Al-Qur’an bisa dilakukan sendiri-sendiri, secara bergiliran, atau berkelompok. Praktek contoh secara berkelompok ada satu orang yang membaca Al-Qur’an dan yang lainnya mendengarkan dan menyimak. Hal ini pernah dilakukan oleh nabi Muhammad SAW dengan Abdullah bin Mas’ud. Jika dilakukan bergiliran, bisa dilakukan dengan cara satu orang membaca satu a`in. Sedangkan untuk tadarus sendiri bisa dengan cara satu juz setiap harinya.

Untuk tadarus secara sendiri jika ingin mengkhatamkan satu kali maka yang harus dilakukan adalah satu hari kita khatamkan satu juz setiap harinya. Nah caranya adalah kita membaca 2 lembar setiap selesai sholat fardhu. Dengan cara ini kita tidak akan merasa berat unutk mengkhatamkan satu juz setiap harinya. Kita harus mendisiplinkan diri sendiri agar tujuan kita khatam dapat tercapai, tapi jangan lupa untuk tetap mempelajari dan memahami isi dari Al-Qur’an.

Insha Allah kalo kita niat dan berusaha kita pasti bisa melakukannya, itu adalah kunci dari sebuah keberhasilan. Marilah kita berlomba-lomba untuk memperbanyak amal baik dibulan Romadhon tahun ini, kita tidak tau apakah kita masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan Romadhon tahun depan. Kita sukseskan Romadhon tahun ini dan seterusnya agar kita memiliki bekal untuk kita diakhirat nanti.

SebelumnyaBEBERAPA HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DI BULAN ROMADHONSesudahnyaFatwa MUI Tentang Solat Terawih
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Luas Tanah300 m2
Luas Bangunan200 m2
Status LokasiMASJID JAMI dan AULA KANTOR PC LDII CILINCING
Tahun Berdiri1990