• -- Selamat Datang Di Website Resmi PC LDII Cilincing Jakarta Utara -- Selamat Menjalankan Ibadah Puasa -- Sukseskan 5 Sukses Puasa -- Puasa -- Solat Tarawih -- tadarus Alquran -- Itikaf Dan Lailatul Qodar -- Zakat Fitrah --
Minggu, 19 Mei 2024

FKPQ Provinsi DKI Jakarta-Yayasan LDII LPQ Nurul Fajar Bekerjasama Penyelenggaraan Pelatihan Guru LPQ.

FKPQ Provinsi DKI Jakarta-Yayasan LDII LPQ Nurul Fajar Bekerjasama Penyelenggaraan Pelatihan Guru LPQ.
Bagikan

Sabtu, 14 Oktober 2023, Para Guru Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ), PONTREN yang berada dalam binaan Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Yayasan LDII LPQ Nurul Fajar dalam penyelenggaraan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru LPQ. Kegiatan ini diselenggarakan di GSG Yayasan LPQ Nurul Fajar, Cilincing, Jakarta Utara. Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan dan metode baru bagi para Guru LPQ se Jakarta Utara.

Pelatihan ini mengambil tema “GURU INOVATIF & KREATIF”. Tema ini diambil agar pola pelatihan tetap memberikan edukasi dan pembelajaran potensi anak agar tetap semangat dalam mempelajari Al Quran.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jakarta, Ade Syaefuddin, S.Pd.I, MM, Ketua POKJA Kecamatan, Moh. Bandu dan pemateri dalam acara Tersebut Zainudin Paru, SH, MH dan Hendra Cerdas bersama beberapa Anggota POKJA lainnya. Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Suhud Alynuddin, M.Sc.

Dalam kesempatannya, Suhud Alynuddin menyampaikan pentingya mempunyai kemampuan pengajaran Al Qur`an peningkatan kapasitas (Upgrading) dalam pola pengajaran, karena perubahan sosial yang terjadi pada anak saat ini seperti gadget sangat mengkhawatirkan. “Al Quran merupakan fundamental, kita jangan berfikir untuk mengajar itu terlalu memikirkan aspek materialis, karena yang lebih utama adalah kita mendapatkan pahala dan ridho Allah Swt” tegasnya.

Selain itu Ketua FKPQ Provinsi DKI Jakarta, Ade Syaefuddin mengatakan “Insentif pengajar harus juga diperhatikan dalam mensejahterakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar pengajaran bisa lebih optimal”. Ade Syaefudin menambahkan usulannya LPQ Nurul Fajar tahun 2024 mendapatkan BOP. ujarnya.

Menjadi Pemateri dalam kegiatan tersebut, Zainudin Paru mengatakan “Dalam proses mencari ilmu itu ada berbagai hal: Bersungguh- Sungguh, mempunyai kesabaran, biaya dan bimbingan guru”. Termasuk dalam hal menasehati tidak harus ketika melakukan kesalahan “Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang mukmin, (QS. Az-Zariyat 55),” Ujarnya dalam mengutip ayat Al Qur`an.

Pemateri lainnya, Hendra Cerdas menambahkan dalam mengajar harus kreatif, inovatif dan berfikir global agar anak didik bisa semangat dalam belajar, termasuk pembelajaran etika dan sopan santun dalam menghormati guru. “Itulah pentingnya dalam mendahulukan adab terlebih dahulu sebelum ilmu agar anak didik dapat menerima materi dengan baik”.

Kegiatan Pelatihan Kompetensi Guru LPQ ini diikuti sebanyak 100 orang peserta, terdiri dari Guru/ Pengajar LPQ, PONTREN, TKQ, LPPTKA dan lainnya. Diharapkan dengan adanya program ini dapat mencetak para generasi muda yang memahami Al Qur`an dari guru/ pengajar yang mempunyai kompetensi dan cara pengajaran yg edukatif serta kreatif.

SebelumnyaYayasan LDII LPQ Nurul Fajar Bekerjasama dengan POKJA, Sosialisasi Pendataan EMIS Online LPQ dan TPQ se Kecamatan.
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Luas Tanah300 m2
Luas Bangunan200 m2
Status LokasiMASJID JAMI dan AULA KANTOR PC LDII CILINCING
Tahun Berdiri1990