• -- Selamat Datang Di Website Resmi PC LDII Cilincing Jakarta Utara -- Selamat Menjalankan Ibadah Puasa -- Sukseskan 5 Sukses Puasa -- Puasa -- Solat Tarawih -- tadarus Alquran -- Itikaf Dan Lailatul Qodar -- Zakat Fitrah --
Rabu, 24 Juli 2024

LDII Jakut Tebar Ribuan Daging Kurban

LDII Jakut Tebar Ribuan Daging Kurban
Bagikan

JAKARTA – PC Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( LDII)  Cilincing kota administrasi Jakarta Utara di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah,tepatnya Minggu, 11 Agustus  2019 ini kembali menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban sekaligus melakukan pembagian dagingnya ke sejumlah warga khususnya yang memerlukan.

Guna memudahkan pelaksanaan, pengurus PC LDII Cilincing Jakarta Utara dan PC se DKI Jakarta membentuk ‘tim yang terkumpul di patal senayan’ yang dilepas secara resmi di kantor sekretariat DPW LDII DKI di Jalan Patal Senayan, siang tadi sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

pencacahan daging setelah pemotongan hewan Qurban bertempat di PAC LDII Sukapura Jakarta Utara

diawali ” Kita mendistribusikan daging hewan kurban dari beberapa PAC secilincing yaitu PAC Cilincing, PAC Sukapura, PAC Seper timur, PAC Rorotan, PAC Semper Barat, PAC Kalibaru di wilayah PC LDII Cilincing Jakut, tiap PAC ada sekitar 100 hingga 200 an kantong atau bungkus daging kurban jadi sekitar  1200 kantong daging kurban yang kita bagi ke sejumlah wilayah Dijakarta Utara. Untuk memudahkan pelaksanaannya kita membentuk tim Tebar Kurban yang jumlahnya 60 Orang. Tugasnya untuk mendistribusikan kepada warga, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Pejabat yang jangkauan wilayahnya cukup jauh,” jelas Ketua PC LDII Cilincing Jakarta Utara, Ir. Hamry Guzman Zakaria M.M disela sela pelepasan tim Tebar Qurban, pada Minggu (11/8) .

Lebih lanjut Hamry menjelaskan bahwa pembagian daging kurban diprioritaskan kepada  mustahiq, dhuafa, musafir. Selain itu diseluruh majelis taklim dibawah naungan PC LDII Cilincing Jakarta Utara. ini juga mengundang warga di lingkungan sekitar, terutama yang ada anak yatimnya untuk pembagian daging-daging kurban tersebut. Sebagaimana rujukan dari sebuah hadist Rosul  yang berbunyi “Berikanlah daging kurban ini kepada yang minta maupun tidak meminta”.

Pelepasan secara resmi oleh sekertariat DPW LDII DKI Jakarta
Pembagian hewan Qurban dengan menggunakan sepeda motor, bersiap menuju Jalan Patal Senayan

Kedua “kita mendistribusikan daging hewan kurban ke seluruh wlayah di DKI jakarta dan di lepas langsung oleh sekertariat DPW LDII DKI Jakarta di jalan patal senayan. Secara data jumlah hewan kurban yang berhasil dihimpun dan disembelih oleh warga LDII SeDKI Jakarta berjumlah ekor 1533 sapi dan 957 ekor kambing/domba. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, adapun pelaksanaan penyembelihan dilakukan di berbagai wilayah PC dan PAC yang ada. Di Jakarta Utara sendiri LDII terbagi di 6 PC dan 31 PAC.

Sementara itu salah seorang Dewan Penasehat PC LDII Cilincing Jakarta Utara, H. Zainal Mustofa menuturkan bahwa hal yang menarik dalam pembagian daging kurban tahun ini adalah komitmen pengurus LDII untuk menggunakan besek untuk membungkus daging kurban yang di distribusikan. Hal ini sejalan dengan himbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan lewat himbauan/usulan Gubernur no.4 tahun 2019 tentang pemotongan hewan kurban di tahun 1440 H. Dimana Gubernur mengarahkan ada 7 jenis bahan anjuran yang dapat digunakan untuk distribusi daging qurban, salah satunya adalah besek.

” LDII mendukung himbauan pemerintah dengan turut serta mengkampanyekan pengurangan penggunaan plastik. Untuk itu tahun ini kita serentak mendistribusikan daging kurban dengan menggunakan besek” terang H.Zainal.

Untuk menjaga kesehatan dari hewan kurban yang disembelih, PC LDII Cilincing Jakarta Utara juga bekerjasama dengan Suku Dinas ( Sudin) Peternakan melakukan uji kesehatan hewan, terlebih LDII memang ketat dalam menentukan hewan-hewan yang boleh disembelih antara lain hewan  tidak cacat, tanduk tidak rusak, dan lain sebagainya. Komitmen inilah yang senantiasa diterapkan sehingga Sudin Peternakan setempat sudah percaya dengan LDII karena begitu ketatnya dalam menentukan persyaratan hewan kurban yang disembelih.

untuk data hewan Qurban LDII SeIndonesia tahun 2019 sebagai berikut :

SebelumnyaPonpes di Kediri Ini Tak Khawatir Pemadaman Listrik Karena Punya PLTSSesudahnyaMENYAMBUT HARI KEMERDEKAAN
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Luas Tanah300 m2
Luas Bangunan200 m2
Status LokasiMASJID JAMI dan AULA KANTOR PC LDII CILINCING
Tahun Berdiri1990